Cara Pintar Sebelum Membeli Ponsel Berkamera

Share

Fitur -Fitur Ponsel Berkamera
Apaka Anda Sekarang berminat akan membeli smartphone dengan kamera  yang menghasilkan gambar yang tidak mengecewakan ?? Memilih smartphone yang kualitas kameranya bagus sejatinya tidak sulit, asal kita tahu apa saja fitur yang harus diperhatikan. Yang terpenting dari semuanya dan yang paling menentukan kualitas kamera tapi sering diabaikan adalah ukuran sensor gambar kamera.

Advertisements
samsung galaxy kzoom Cridit imege samsung.com

samsung galaxy kzoom Cridit imege samsung.com

Dari sekian banyak fitur ponsel, kamera menjadi fitur yang sangat populer, lantaran fungsinya menggantikan kamera digital. Desain ponsel yang semakin simpel, menarik dan dikemas mobile, tentunya sangat membantu mereka yang hobi dengan fotografi ataupun mewakili habit narsis. Banyak bermunculan ponsel kamera di tanah air, membuat konsumen bingung untuk memilih ponsel kamera.

Di Bawah ini GADGETERBARU.COM Akan membagikan informasi fitur-fitur apa saja yang wajib anda ketahui sebelum membeli ponsel berkamaera, agar anda tidak menyesal kemudian:

  • Lihat Desain Ponsel Kamera

Desain ponsel, ukuran dan berat menjadi tolak ukur dalam memilih ponsel kamera karena akan berpengaruh terhadap kenyamanan dalam penggunaannya. Pilihlah ponsel kamera yang simpel dan ringan serta mudah dibawa-bawa karena akan memudahkan dalam kegiatan memotret ataupun merekam video.

  • Fitur Autofokus Harus Ada

Fitur autofokus berfungsi untuk memfokuskan objek tertentu yang ada pada hasil foto. Bila anda memilih kamera tanpa fitur autofokus (fixed focus) kemungkinan besar foto yang dihasilkan akan blur (buram).

Ada kalanya foto akan terlihat memiliki fokus yang tepat saat dilihat dari layar handphone, tapi ketika anda melihatnya dikomputer atau setelah foto diprint anda akan menyadari bahwa sebenarnya hasil foto tersebut blur.Banyak dari kita menyepelekan fitur autofokus ini, namun bila menginginkan hasil foto yang baik autofokus merupakan fitur wajib.

  • Adanya Fitur Frames per second (FPS)

Ponsel kamera menyediakan juga fitur perekam video, dan kamera dengan megapixel besar biasanya akan menghasilkan video dengan kualitas biasa karena merekam dengan fps yang rendah.

Video merupakan kumpulan gambar yang diambil secara berurutan, semakin banyak gambar yang dapat diambil dalam 1 detik maka semakin mulus video yang dihasilkan.

24 FPS adalah nilai minimal yang harus anda pilih, sementara dengan nilai 30 FPS akan menghasilkan video yang berkualitas. Dan sebagai fitur tambahan, periksa juga apakah handphone kamera tersebut dalam merekam dalam format HD (minimal 720 p)

Advertisements
  • White Balance, Exposure, Sciene Mode

White Balance membantu pengaturan exposure (bukaan lensa) yaitu mengkondisikan cahaya sekitar. Tanpa white balance dan exposure pengguna akan mendapatkan hasil foto yang kurang maksimal. Sementara jenis Sciene mode sangat membantu untuk pengaturan exposure kamera sesuai dengan kondisi pencahayaan saat malam, siang, indoor (incandescent dan flourscent).

  • Flash Light

Flash light merupakan faktor penting sebuah kamera, karena fitur ini dibutuhkan untuk pengambilan foto di dalam ruangan. Ada tiga macam tipe lampu flash yaitu Single LED flash, Dual LED flash dan Xenon flash. Cahaya yang dihasilkan dari lampu Xenon adalah ± 1000 kali lebih terang dari tipe LED, namun Xenon flash memerlukan daya baterai yang lebih besar sehingga boros baterai.

  • Fitur Makro

Fitur makro biasanya disematkan pada ponsel kamera menengah ke atas, fitur ini digunakan untuk memfokuskan objek yang dekat dengan lensa (biasanya berjarak kurang dari 2 meter) dan menghasilkan foto dengan kualitas lebih tajam dan detil.

  • Face Detection, Smile Detection dan Image Stabilisation.

Face detection yaitu teknologi yang mampu mengenali wajah dan melakukan fokus di wajah. Sementara Smile Detection merupakan fitur yang dirancang untuk mengaktifkan tombol shutter secara otomatis ketika objek foto tersenyum. Sedangkan Image Stabilization merupakan fitur anti shake (bergerak). Fitur ini sangat berguna bagi mereka yang memiliki tangan gemetar saat mengambil objek foto.

  • Resolusi gambar / megapixel

Setelah sensor gambar, resolusi gambar yang kedua terpenting. Semakin banyak pixel sebuah gambar, semakin banyak detail yang bisa ditangkap kamera. Biasanya, sensor gambar yang berukuran relatif besar, akan memiliki resolusi gambar yang besar juga. Contohnya Sony Experia Z1 memiliki resolusi 20MP, dan Nokia Lumia 1020 memiliki resolusi 41 MP. Semakin sedikit pixelnya, maka detailnya semakin sedikit dan jika dikrop/potong, gambarnya akan pecah.

  • Akses Tombol Khusus Kamera.

Kehadiran akses tombol khusus kamera sangat penting karena mampu memudahkan pengguna dalam menggunakan fitur kamera.

  • Kapasitas Baterai

Meskipun tidak berhubungan langsung dengan kualitas gambar yang dihasilkan kamera, tapi kapasitas baterai yang besar akan menunjang hobi memotret dengan ponsel. Dengan kapasitas baterai yang besar, maka jumlah foto yang bisa dibuat sebelum kita harus men-charge baterai lagi lebih banyak.

  • External SD Card

Merekam foto terutama di ponsel yang beresolusi besar (Megapixelnya) tentunya memakan tempat yang cukup banyak. Jika ada slot untuk memory card, kita tidak perlu kuatir tentang memori/storage di kamera penuh. Tinggal masukkan kartu memory eksternal seperti micro-SD untuk menyimpan foto selanjutnya.

  • Upload Social Networking

Fasilitas upload langsung ke situs jejaring sosial seperti facebook, twitter, dan youtube menjadi fasilitas wajib bagi para maniak media sosial, karena bisa secara langsung share hasil jepretan maupun rekaman video mereka tanpa harus memindahkan data terlebih dahulu ke piranti lain

Advertisements
Cara Pintar Sebelum Membeli Ponsel Berkamera was last modified: September 10th, 2014 by Intan Lestari
Share
Advertisement
tags: , , , ,