Android July 6, 2023
Share

Seperti yang sudah kamu ketahui, Google Play Store dibanjiri oleh beragam aplikasi yang mengklaim dapat meningkatkan kinerja perangkat Android dengan cara membersihkan cache dan storage dari file yang tak terpakai.

Advertisements

Sayangnya, kebanyakan aplikasi tersebut hanya menawarkan solusi sementara. Namun, ada beberapa aplikasi yang memang layak menjadi pilihan. Berikut ini tiga aplikasi yang kami rekomendasikan untuk kamu.

Jika kamu merupakan pengguna smartphone dengan memori internal yang berkapasitas kecil, kamu pasti sering merasakan ketidaknyamanan saat melakukan berbagai aktivitas dengan smartphone. Bukan hanya dalam hal menginstal aplikasi, tapi juga menyimpan video, foto, musik, dan lain-lain. Nah, berikut Jaka punya beberapa aplikasi yang bisa jadi solusi untuk menghemat penggunaan memori internal yang cepat penuh.

1. SD Maid

Banyaknya sampah yang memenuhi memori internal membuat kamu tidak bisa menginstal aplikasi atau menyimpan berkas-berkas lainnya. Aplikasi SD Maid akan membantu mendeteksi semua sampah yang memenuhi perangkat dan membersihkannya dengan cepat. Berbagai file yang terduplikat dengan sendirinya akan dihapus sehingga memori tidak cepat penuh. Bahkan, aplikasi ini bisa menghapus program-program bawaan smartphone yang membuat memori semakin penuh.

2. Cloud Storage Box

Advertisements

Box menawarkan ruang penyimpanan sebesar 10GB untuk para pengguna Android dengan memori internal yang kecil. Di aplikasi ini kamu bisa menyimpan berbagai file termasuk dokumen penting, hasil download internet, foto, video hingga musik. Dengan menggunakan **Cloud Storage Box*”, kamu bisa menghemat memori internal supaya bisa menginstal lebih banyak aplikasi.

3. Gallery Doctor

Salah satu faktor mengapa memori internal cepat penuh adalah adanya file-file seperti foto atau video yang terduplikat dengan sendirinya ataupun berkas-berkas tidak penting yang memenuhi memori. Karena itu, kamu membutuhkan Gallery Doctor untuk mendeteksi kapasitas penyimpanan memori internal dan mengkalkulasi foto-foto atau video-video tidak penting yang mungkin terduplikat atau memakan terlalu banyak ruang.

4. CC Cleaner

Memori internal yang cepat penuh padahal tidak menginstal banyak aplikasi perlu kamu bersihkan. Sebab, ada banyak berkas tidak penting yang mengisi ruang penyimpanan. Dengan aplikasi CC Cleaner, kamu hanya perlu satu kali ketukan dan aplikasi ini akan memberitahukan apa-apa saja yang membuat memori internalmu cepat penuh serta membantu membebaskan memori agar lebih luas. Selain menjaga kapasitas memori internal, CC Cleaner juga berguna merawat CPU, RAM, dan baterai agar kinerja smartphone tetap optimal.

5. Cloud Storage Mega

Aplikasi yang satu ini menyediakan ruang penyimpanan hingga 50GB secara gratis untuk para pengguna Android yang tidak puas dengan kapasitas memori internal yang ada. Di Cloud Storage Mega, kamu bisa menyimpan file-file seperti foto, video maupun dokumen lainnya sehingga memori internal kamu bisa lebih lega dan digunakan untuk menginstal aplikasi saja. Tidak perlu khawatir, aplikasi ini menjamin keamanan file-file yang kamu simpan kok, jadi tidak akan bocor ke orang lain.

Advertisements
Share