WhatsApp Kamu Sering Dibajak ? Ini Deretan Aplikasi Untuk Menguncinya

Share

Pada zaman yang serba online seperti saat ini, kebutuhan terhadap smartphone kini sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok. Tidak hanya untuk berkomunikasi, smartphone biasanya juga digunakan untuk melakukan berbagai kegiatan, seperti untuk media belajar, sharing, promosi, atau bahkan sebagai alat untuk mencari uang. Selain itu, beberapa kegiatan sensitif seperti transaksi keuangan dan data-data perusahaan pun saat ini sudah memanfaatkan smartphone dalam mengirim ataupun menerima data melalui jaringan internet. Hal ini karena penggunaannya yang dianggap praktis.

Advertisements

Menilik contoh di atas, tentu saja kita juga harus mengingat sebuah aspek penting yang berhubungan dengan keamanan dan privasi. Hal ini menjadi sangat penting apabila kita membahas mengenai smartphone, terutama Android. Keamanan dan privasi memang dibutuhkan untuk menghindari penyalahgunaan informasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Cara Mengunci WhatsApp di Android

1. Mengunci WhatsApp Menggunakan Face Recognition

  • Face recognition. Karena udah pasti, wajah orang itu berbeda-beda. Masa mau ngehack smartphone aja sampai harus operasi plastik dulu, nggak mungkin bukan? Cara melakukannya, anda bisa ikuti langkah-langkah berikut.
  • Yang pertama, kamu harus download dan install aplikasi bernama “AppLock Face/Voice Recognition”. Kamu bisa download dan install lewat tautan yang sudah sediakan berikut ini: Unduh
    1. Buka aplikasi yang baru saja kamu install, lalu klik “I Agree” pada syarat dan ketentuan. Lanjutkan dengan pilih “Create Your Own Unlock Phrase” untuk membuat kata sandi.
    2. Buat “Kata Sandi” untuk pengenalan suara, bebas boleh apa saja, jika sudah selesai klik tanda “Centang”. Lanjutkan dengan ambil foto sambil mengucapkan kata sandi kamu.
    3. Sebagai jaga-jaga bila terjadi hal tidak diinginkan seperti lupa atau kamera HP kamu rusak, buat metode alternatif. Bisa berupa “Pattern”, “Pin”, atau “Password”. Pada contoh ini Jaka pakai pin.
    4. Lanjutkan dengan klik “Go To Android Settings”, nantinya kamu akan diarahkan ke “Usage Access”. Cari aplikasi “AppLock Face/Voice Recognition”, lalu klik “On”.
    5. Lanjutkan kembali dengan klik “Ok, Got It”. Pada daftar aplikasi yang muncul, cari “WhatsApp” atau aplikasi yang ingin kamu kunci. Klik tanda “Gembok”. Selesai.

2. Mengunci WhatsApp Menggunakan Fingerprint

Advertisements
  • Pertama-tama download dan install terlebih dahulu aplikasi android bernama “AppLock – Fingerprint”. Kamu bisa download dan install lewat tautan yang sediakan berikut ini: Unduh
    1. Buka aplikasi tadi, lalu buat “Master PIN”. Fungsinya untuk jaga-jaga apabila kamu tidak bisa pakai fingerprint. Jika sudah selesai, lanjutkan dengan klik “Yes” pada pertanyaan yang muncul.
    2. Klik tanda “+” yang ada di bawah, lalu cari aplikasi “WhatsApp”, klik kembali tanda “+” yang ada di bawah. Oh iya bila ada aplikasi lain yang ingin juga kamu kunci, ulangi langkah ini ya.
    3. Akan muncul notifikasi, klik saja “Ok”, lalu kamu akan diarahkan ke “Usage Access”. Cari aplikasi “AppLock – Fingerprint”, lalu klik “On”. Selesai, sekarang aplikasi kamu sudah terkunci.

3. Cara Mengunci WhatsApp Menggunakan Voice Recognition

Cara tercanggih terakhir, adalah dengan voice recognition. Dimana untuk membuka aplikasi WhatsApp, kamu harus mengucapkan kalimat khusus. Karena suara orang berbeda-beda, sudah pasti cara yang ini aman banget. Kamu juga bisa menggabungkan cara ini dengan yang kedua.

Cara melakukannya sendiri sangat mudah, semua caranya sama persis dengan cara yang kedua. Hanya berbeda dicara terakhir. Kamu perlu centang tanda “Gembok Berkotak”, selesai sudah. WhatsApp kamu kini sudah terkunci dengan aman, nggak mungkin bisa dihack!

Advertisements
WhatsApp Kamu Sering Dibajak ? Ini Deretan Aplikasi Untuk Menguncinya was last modified: April 16th, 2018 by Jonathan Bauwman
Share
Advertisement
tags: , ,