Ingin Mempercepat Waktu Charger Smartphone ? Ini Dia Caranya

Share

Sudah tak bisa dipungkiri lagi, nge-charge smartphone itu adalah aktivitas paling menyebalkan. Soalnya, kamu wajib berjam-jam menunggu si smartphone penuh baterainya sambil mencolokannya ke sumber listrik. Kan jadi gak bisa mengerjakan hal-hal lainnya yang bermanfaat kalau smartphone lagi di-charge!

Advertisements

Namun tenang disini ada beberapa cara yang bisa bikin smartphone mengisi dayanya lebih cepat. Gak perlu punya fitur fast charging, kalau kamu pakai cara yang akan kami bagikan berikut maka smartphonemu dijamin bakal bisa mengisi daya baterainya dengan cepat.

1. Gunakan Charger dengan Ampere besar

Kurang puas dengan charger asli? Coba gunakan charger dengan Ampere yang lebih besar. Jika Ampere chargermu hanya 1A, coba gunakan charger dengan output 2A. Dapat dipastikan proses charging akan lebih cepat.

Namun dalam hal ini kamu harus memperhatikan input arus maksimal baterai kamu. Pastikan penahan arus maksimal kamu memadai untuk menggunakan charger dengan output yang lebih besar. Karena jika tidak, baterai kamu akan menjadi rusak.

2. Gunakan Charger Asli

Tidak dapat dipungkiri bahwa yang original selalu lebih baik. Pastikan kamu menggunakan charger asli agar bateraimu cepat penuh, karena biasanya charger ori dibuat dengan memperhatikan kualitasnya.

Advertisements

Output charger ori juga dibuat pas dengan baterai smartphone kamu, jadi selain lebih cepat dalam pengisian daya baterai, baterai kamu juga akan lebih tahan.

3. Gunakan Mode Terbang atau Pesawat (Airplane Mode)

Tidak mau mematikan hp android kamu? Jika iya gunakanlah mode terbang. Dengan memanfaatkan fitur ini, daya baterai yang dikonsumsi akan lebih sedikit karena hp kamu akan istirahat dari pekerjaan mencari jaringan buatmu.

Nah supaya waktu charging lebih singkat, gunakanlah fitur airplane mode ini. Cuma satu kali klik kok.

4. Istirahatkan Smartphone

Mematikan atau mode terbang sebenarnya ada kelemahan sih, kamu tak akan mendapat notifikasi pesan atau telepon di ponsel kamu. Bisa jadi kamu akan ketinggalan kabar-kabar penting hanya karena lagi ngecas.

Untuk solusi hal itu, kamu bisa melakukan pengisian daya dengan cepat tanpa mematikan maupun menggunakan mode terbang. Tapi ngecasnya jangan sambil kamu mainkan, karena daya baterai akan keluar lebih banyak. Selain itu, banyak bahaya dan dampak negatif ngecas hp sambil dimain. Jadi istirahatkan agar daya tidak keluar banyak sewaktu recharge ponsel kamu.

5. Matikan Smartphone

Smartphone yang hidup jelas akan memakan daya baterai, terlepas apakah sedikit atau banyak. Intinya banyak proses dibelakang layar yang mengkonsumsi daya baterai kamu.

Jadi agar pas di cas hanya ada daya yang masuk dan tidak ada daya baterai yang keluar/dikonsumsi, maka matikanlah ponsel kamu.

6. Gunakan Aplikasi Ngecas Cepat

Sebenarnya mimin agak ragu dengan aplikasi-aplikasi semacam ini. Namun ada benarnya juga jika aplikasi tersebut bisa menutup berbagai proses hp sehingga daya dikonsumsi lebih sedikit.

Ada banyak aplikasi charger cepat di hp dan dapat diunduh gratis. Tinggal kamu ketik kata kunci download aplikasi fast charging apk atau aplikasi pengisian baterai.

Advertisements
Ingin Mempercepat Waktu Charger Smartphone ? Ini Dia Caranya was last modified: April 23rd, 2018 by Jonathan Bauwman
Share
Advertisement
tags: ,