Mengenal Jaringan Sinyal GPRS, EDGE, 3G, HSDPA dan 4G Lte

Share

Gadgterbaru.com – Dalam kesempatan ini Gadgeterbaru.com akan menjelaskan sedikit perbedaan tingkatan teknologi hal dalam mengakses internet. Setiap tingkatan menunjukan kemajuan dan perkembangan dari teknologi sebelumnya. Urutannya adalah GPRS (2.5G), EDGE (2.75G),  UMTS/EVDO/W-CDMA (3G), HSPA/HSDPA (3.5G), dan 4G. Berikut sedikit penjelasan dari tingkatan teknologi jaringan tersebut..

Advertisements

signal joss

Jaringan Internet Sinyal G atau GPRS

Sinyal G atau GPRS adalah jaringan sistem data paket internet untuk ponsel. GPRS sendiri merupakan singkatan General Packet Radio Service. Jaringan ini memiliki kecepatan data mencapai 35 – 171 Kilobits per-second (Kbps). Jika Anda menemui sinyal G di ponsel. Maka jangan harap bisa membuka situs GADGETERBARU.COM dengan segera.

Jaringan Internet Sinyal E atau EDGE

Generasi setelah GPRS adalah E atau EDGE (Enhanced Data rate for GSM Evolution). Walau disebut ‘Evolution’ sinyal E tidak begitu cepat data transfernya. Kecepatan data transfer sinyal EDGE ini antara 120 Kbps sampai dengan 384 Kbps. Fasilitas yang disediakan EDGE sama seperti GPRS (e-mail, mms, dan browsing).
Walau agak lambat, namun untu membuka situs gadgeterbaru.com tidak terlalu menjemukan dari sinyal GPRS.

Jaringan Internet Sinyal 3G

Advertisements

Sinyal 3G mungkin sedang menjadi andalan di tanah air. Jaringan Sinyal 3G sebenarnya turunan dari 2G atau GPRS. 3G sendiri adalah 3GPRS atau GPRS versi 3. Yang membedakan adalah protokol transfer data yang menggunakan UMTS (United Mobile Telecommunication  Technology). Kecepatan datanya dimulai dari 384 Kbps sampai 2 Mbps.

Jaringan 3G memiliki fasilitas setingkat lebih tinggi dari EDGE. Dimana jika jaringan EDGE kita hanya bisa  browsing, e-mail, mms, dan browsing. Layanan 3G juga memiliki fasilitas video streaming, (termasuk didalamnya: video conference, dan video calling). Secara teori kecepatan akses 3G sekitar 480kbps.

Jaringan Internet Internet Sinyal H atau HPSA/HSDPA/HSUPA

Generasi jaringan berikutnya adalah HSPA (High Speed Packet Access) atau kadang dikenal dengan 3,5G. Sedikit lebih cepat dari sinyal 3G, transfer datanya antara 600 Kbps sampai 10 Mbps. Walau sebenarnya hanya rata-rata 1-3 Mbps. Sedang sinyal HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) atau kadang H+ memiliki kecepatan mencapai 7,2 Mbps.

Kontennya sendiri tidak jauh berbeda dengan konten dari teknologi 3G yang sudah ditawarkan oleh beberapa operator seluler di Indonesia yaitu video call, mobile video, mobile TV, serta video content. Perbedaannya adalah 3.5G menyuguhkan gambar yang lebih tajam dari gambar yang ditawarkan oleh 3G.

Jaringan Internet Sinyal 4G atau LTE

Memang saat ini Belum banyak ponsel android di indonesia yang mampu membesut jaringan internet sinyal 4G ini.Hanya beberapa type dan merek saja yang telah hadir di tanah air.Sinyal 4G atau generasi ke 4 dari GPRS juga disebut LTE (Long Term Evolution) membesut kecepatan hingga 100 Mbps. Di Indonesia sendiri, Beberapa provider telah resmi meluncurkan di sebagian kawasan dengan jaringan 4G Lte ini.

Advertisements
Mengenal Jaringan Sinyal GPRS, EDGE, 3G, HSDPA dan 4G Lte was last modified: September 2nd, 2015 by Intan Lestari
Share
Advertisement
tags: , , , ,